Cara Mengatasi Softbrick di Android

Cara mengatasi softbrick ternyata tidak sesulit yang dibayangkan. Karena, pada dasarnya bisa dilakukan oleh HP android itu sendiri. Softbrick adalah suatu kondisi dimana, tombol – tombol masih berfungsi tetapi ponsel hanya stuck logo saja meski masih bisa masuk ke droid boot. Secara umum, softbrick bisa terjadi karena adanya kerusakan frimware atau rom corrupt. Penyebab lain adalah karena adanya aplikasi yang menyebabkan frimewere hilang serta persoalan software didalam android itu sedniri. Jadi, penyebabnya ini tidak satu saja.

softbrick 1

Terdapat beberapa cara mengatasi softbrick yang akan dijelaskan berikut ini.

  1. Download software berikut ini.
  • XFSTK V1.3.6

softbrick2

  • iSoc USB driver
  • ADB & Fastboot File
  1. Untuk melakukan, software yang dibutuhkan download jenis software di nomor 1.
  • Kemudian, membutuhkan firm ware yang penting diantaranya FwDnx, OsDnx, IFWI, OS image (Pos.bin)
  • Adb and fastboot dari android SDK yang telah tersedia didalam folder MFT. Selanjutnya buat folder baru di PC pada drive C, kemudian copy semua file yang dibutuhkan kedalam microcodes dan adb serta fastboot file package.
  1. Jalankan xFSTK dan lihat dua bagian Firmware serta operating system kemudian masukkan file FW Dnx, IFWI, OsDnx, Os Image.
  2. Matikan HP, kemudian sambungan dengan PC klik “Begin Dwonload”, firmware akan mulai dan menulis log. Firmware selesai dalam dua tahap, pertama, penggabungan Firmware (FwDnx dan IFWI), lali reboot sistem operasi dan firmware (OsDnx dan Os image), proses in akan dilakukan secara otomatis.
  3. Kemudian HP akan reboot, anda akan melihat tanda “USB” yang terpenting adalah jangan putuskan sambungan HP dari PC.
  4. Jalankan cmd masukkan diektori kerja. Masukkan di cmd berikut ini:
  • fastboot erase factory
  • fastboot erase cache
  • fasboot erase config
  • fasboot erase system
  1. Ponsel akan kembali sepert baru dari pabrik secara software. Kemudian mulai flash modul radio dengan menulis flashdisk radio_radio firmware_6360.bin. Selanjutnya menyambungkan sistem fastboot falashdisk droidboot.img, dilanjut dengan pemulihan yaitu recovery fast boot boot flash recovery. img dan, terkahir adalah kernel fastboot flash boot. bin.
  2. Langkah terakhir tulis fastboot reboot kemudian ponsel akan reboot dan akan mulai modus normal.

Semoga beberapa cara mengatasi softbrick yang dijelaskan diatas bisa menjadi panduan untuk anda dan semoga bermanfaat.

Leave a Reply

website traffic statistics