Home HAPEANDROID Cara Kalibrasi Baterai HP Android Yang Mendadak Berkurang Sendiri

Cara Kalibrasi Baterai HP Android Yang Mendadak Berkurang Sendiri


HAPEANDROID.COM - Apakah setiap baterai hp yang tiba tiba habis sendiri perlu dilakukan kalibrasi baterai ? Lantas apa fungsi kalibrasi dan cara melakukan kalibrasi batre hp yang cepat habis tersebut ?

Hal itu tentu menjadi banyak pertanyaan bagi pengguna ponsel android yang mulai mengalami masalah pada baterai hp yang dimilikinya.

Oleh karena itu bagi kalian yang mengalami masalah baterai hp cepat habis padahal masih baru dan bingung dengan apa itu Kalibrasi Baterai HP.  Silahkan di simak tutorialnya.

Cara Memperbaiki atau Kalibrasi Baterai HP Android Yang Mendadak Berkurang Sendiri

Penggunaan ponsel secara berlebihan seperti mendengarkan musik sambil chating pada browser atau melalui aplikasi messenger sebenarnya dapat menjadi penyebab baterai hp android cepat habis padahal baru di cas.
Selain itu masih banyak faktor yang mengakibatkan hp android anda cepat panas dan tiba - tiba habis padahal tidak digunakan, contohnya saja seperti :

  • Penggunaan charger smartphone yang tidak baik dapat mempengaruhi pengisian baterai pada hp android yang anda miliki. Disarankan menggunakan charger yang sesuai dengan bawaan hp android anda.
  • Terlalu banyak mengaktifkan beberapa aplikasi yang terdapat pada ponsel android tersebut.
  • Terlalu lama dalam penggunaan / bermain game juga dapat menyebabkan baterai hp android mengalami keborosan.
  • Pengaturan intesitas cahaya yang terlalu cerah dapat juga menyebabkan baterai android menjadi cepat habis
  • Pembacaan indikator persentase baterai hp yang tidak akurat karena software android error

Dan pada pertemuan kali ini kami akan memberikan sebuah cara untuk mengatasi baterai cepat habis tersebut dengan langkah mengkalibrasi pembacaan persentase baterai dari perangkat android itu sendiri.
Kalibrasi baterai hp android merupakan suatu cara untuk memperbaiki mengembalikan pembacaan indikator baterai hp yang sudah tidak akurat / tidak sesuai.

Perlu untuk kita ketahui bahwa cara kalibrasi baterai hp android yang cepat habis tersebut dapat kita lakukan menggunakan 2 cara, yaitu kalibrasi baterai android tanpa root dan kalibrasi baterai hp menggunakan aplikasi.

Namun kesalahan yang sering terjadi disini adalah kebanyakan para pengguna smartphone berpikiran bahwa dengan kita melakukan kalibrasi dapat membuat baterai hp yang ngedrop menjadi awet kembali, padahal "belum tentu" seperti itu.

Sering kali kita menganggap sumber masalah baterai yang cepat habis tersebut berasal dari baterai hp android itu sendiri, padahal terkadang cara penggunaan smartphone android yang kurang bijaklah yang menjadi alasan kenapa baterai hp cepat habis.

Tidak heran jika banyak hp yang di cas tapi lama penuh
karena tidak sedikit pengguna android yang menggunakan ponsel tersebut pada saat sedang diisi dayanya.


Perlu untuk kita ketahui bahwa sebenarnya fungsi dari mengkalibrasi baterai hp android adalah untuk mengembalikan pembacaan kapasitas daya baterai yang tidak normal.

Contoh pembacaan daya baterai hp yang tidak normal adalah sebagai berikut

Jika pada status bar layar hp android memberikan informasi bahwa kapasitas daya baterai masih tersedia 80% tapi mendadak mati saat baterai hp android tersisa 30% maka itu artinya pembacaan baterai terdapat kemungkinan tidak normal.

Oleh karena itu jika terjadi kasus seperti di atas maka diperlukannya sebuah langkah untuk kalibrasi baterai hp android yang kita miliki. 

Namun jika masalah baterai hp android yang ngedrop ataupun baterai hp di cas tidak mengisi tersebut berasal dari perangkat hardware, kalibrasi baterai hp android bukanlah solusi yang tepat


Cara mengatasi batre boros dapat dilakukan dengan mengunduh aplikasi penghemat daya baterai android, namun kali ini kami akan membagikan cara mengatasi baterai hape android ngedrop menggunakan kalibrasi baterai agar batre tidak cepat habis.  

Untuk melakukan kalibrasi baterai terdapat dua cara yaitu dengan menggunakan aplikasi atau secara manual ikuti langkahnya sebagai berikut :


Untuk mengkalibrasi baterai hp android yang cepat habis tanpa aplikasi ini, kunci keberhasilannya adalah kesabaran dalam melakukan proses kalibrasinya.

Berikut langkah mereset pembacaan baterai hp android yang tidak akurat tanpa aplikasi :
  • Pertama sambungkan hp android ke pengisi daya (charger) hingga baterai penuh 100% dalam kondisi hidup. Jika sudah penuh, matikan daya ponsel tersebut.
  • Saat kondisi hp kamu mati, lakukan pengecasan kembali sampai baterai penuh. Dalam langkah kedua ini kalian harus memastikan indikator pengisian baterai misalnya saja lampu LED akan berubah menjadi hijau jika baterai sudah penuh.
  • Setelah itu hidupkan kembali ponsel yang kamu miliki tersebut dan cas lagi sampai 100%
  • Jika sudah, sekarang waktunya kamu untuk menggunakan ponsel tersebut. Gunakan ponsel tersebut sampai kondisinya mati karena kehabisan daya (0%)
  • Diamkan hp android tersebut terlebih dahulu selama 5 - 10 menit agar kondisi baterai tidak terlalu panas
  • Dalam kondisi mati, charge kembali ponsel android yang kehabisan daya baterai tersebut hinggal penuh. Pastikan kamu tidak melepas charger ataupun menghidupkan handphone tersebut sebelum baterai terisi penuh
  • Ulang kembali langkah - langkah di atas selama 2 - 3 hari dan rasakan perbedaannya

Jadi cukup dengan metode pengecasan seperti di atas, hp android tanpa root juga bisa dikalibrasi baterainya.


Sebelum melakukan kalibrasi baterai hp dengan kode dial, di awal proses kamu akan di hadapkan dengan sebuah notifikasi yang bertulisakan "Fuelgauge will be reset. Cousing battery capacity to be inaccurate. Do NOT use it uniess it is written your test procedure".

Yang artinya kurang lebih seperti ini, "Pengukur baterai akan diatur ulang. Menyebabkan kapasitas baterai menjadi tidak akurat. JANGAN menggunakannya tanpa ada tertulis prosedur pengujian Anda".

Dan untuk memulainya, silakan ikuti langkah - langkah dibawah ini :

  • Pertama - tama masuk ke menu dial phone dan kita ketik kode *#0228#
  • Setelah itu akan muncul tampilan Battery Status yang berisikan data dari baterai yang kita gunakan di hp android tersebut
  • Kemudian kita klik "Quick start"
  • Lalu akan muncul notifikasi Notifikasi Warning dan tekan saja "OK"
  • Selanjutnya layar HP android akan dalam kondisi mati / sleep, kita tunggu beberapa saat sampai hidup kembali
  • Setelah layar hidup hp masih pada tampilan baterai status, kita tekan saja tombol kembali
  • Lalu kita lihat pada persentase baterai, jika kalibrasi baterai hp berhasil maka akan ditandai dengan kondisi persentase baterai yang akan lebih berkurang dari sebelumnya.

Perlu untuk kamu ketahui bahwa setiap merek hp android memiliki kode kalibrasi baterai yang berbeda - beda.

Jadi terdapat kemungkinan tutorial di atas tidak berfungsi pada hp android xiaomi ataupun samsung, misalnya.

Maka dari itu jika langkah di atas tidak berhasil, coba cari terlebih dahulu kode kalibrasi baterai xiaomi / kode kalibrasi baterai / kode kalibrasi baterai oppo ataupun kode kalibrasi baterai android lainnya di pencarian google.


Jika hp android yang kamu miliki sudah mempunyai akses root maka aplikasi di bawah ini sangat direkomendasikan untuk mengkalibrasi persentase baterai android yang sering ngedrop sendiri.

Namun meskipun demikian, aplikasi ini juga bisa kalian gunakan pada hp android yang belum di root.

  • Pertama - tama kita unduh terlebih dahulu aplikasi Battery Calibration melalui playstore hp android
  • Kemudian buka aplikasi Battery Calibration tersebut
  • Setelah itu hubungkan ponsel kamu ke pengisian daya
  • Tekan tombol "Calibrate"
  • Setelah proses selesai, lepas charger dari ponsel kita

Langkah di atas merupakan gambaran bagaimana cara mengkalibrasi baterai hp android menggunakan aplikasi Battery Calibration.

Namun perlu untuk kamu pastikan saat proses kalibrasi di atas berlangsung, jangan lupa untuk memberikan izin akses root apabila muncul notifikasinya.

Adapun solusi agar baterai android anda tidak cepat habis yang perlu anda coba sebelum baterai hp android anda mengalami masalah yang berlebih, contohnya saja seperti baterai hp android ngedrop, menggelembung, bocor dan juga tidak tahan lama.

Tips Agar Baterai HP Android Tidak Cepat Habis

  1. Buang Widget di Homescreen.
  2. Atur waktu kunci pattern otomatis.
  3. Aktifkan Airplane mode/mode penerbangan.
  4. Atur pengaturan Sync.
  5. Gunakan  aplikasi penghemat baterai hp
  6. Kemudian anda dapat mematikan GPS.
  7. Aplikasi tidak diperbarui.
  8. Gunakan WIFI, lalu matikan jaringan SIM card.
  9. Matikan aplikasi yang berjalan di background.

Demikian artikel kami yang membahas tentang cara mengatasi baterai android cepat habis  yang dikarenakan pembacaan indikator batre hp error tersebut
Advertisement
Advertisement