Home HAPEANDROID Cara Mengatasi Aplikasi Yang Force Close di HP Android

Cara Mengatasi Aplikasi Yang Force Close di HP Android


HAPEANDROID.COM - Postingan kali ini saya akan berbagi cara mengatasi aplikasi yang tiba tiba crash atau berhenti sendiri. kejadian ini pasti pernah di alami oleh pengguna android di saat sedang enak enaknya baca baca path, lihat poto, balas chatingan dan tiba tiba patch nya force close tentu ini sangat membuat tidak nyaman sekali.

Aplikasi HP Android yang force close biasanya ditandai dengan munculnya dialog bertuliskan seperti "This application has stopped unexpectedly". Untuk menanggulangi kendala tersebut anda akan diberikan dua pilihan force close dan Report. Dengan memilih force close brarti mentutup aplikasinya dan menu Report anda akan disuguhkan menu untuk melaporkan kendala tersebut ke pihak developer aplikasi.

Penyebab aplikasi force close
penyebab aplikasi force close bermacam macam yaitu:

Data app yang corrupt (temporary data, cache, game data, dsb)
Koneksi internet yang tiba-tiba putus (untuk aplikasi yang butuh Sambungan internet, seperti aplikasi chatting, streaming, dan sebagainya)
Aplikasi memang buggy, atau masih beta
Aplikasi tersebut kalian dapatkan dari luar Play Store (aplikasi bajakan)
Smartphone kalian tidak compatible dengan aplikasi tersebut, tapi dipaksa menjalankan
Versi Android kalian yang terlalu tua (biasanya Android versi Froyo 2.2 atau Gingerbread 2.3)
Versi Android yang tidak kompatibel untuk aplikasi tersebut
Hardware smartphone kalian rusak (rusak di sensor, kamera, atau koneksi internet)
Smartphone kalian di-root atau heavy modified (HP Android yang di-root bisa menyebabkan ketidakstabilan sistem)

Setelah anda mengetahi sebab - sebabnya, maka inilah langkah-langkah mengatsi aplikasi yang tiba-tiba force close:


1. Koneksikan smartphone ke internet/wifi/paket data
Koneksi internet ini sangat dibutuhkan untuk semua aplikasi, ceklah terlebih dahulu koneksi internet pada smartpone anda. untuk mengaktifkan secara manual bisa mengikuti langakah ini Settings > Wireless & Network > Mobile Networks > Enable data access atau bisa menggunakan jaringan wifi yang ada disekitar anda. Selain internet anda juga perlu mrngaktifkan fitur Location Servise, karena beberapa aplikasi seperti Foursquare tidak akan berfungsi dengan baik apabila LOcation Servise di Samrtphone anda dimatikan.

2. Manual force stop
Langkah ini bisa anda lakukan dengan merestart aplikasi yang force close. Caranya dengan melakukan force stop manual. Kemudian nyalakan aplikasi seperti biasa, selain merestart aplikasi anda juga bisa mencoba merestart smartphone untuk mengatasi kendala force close.

2. Clear Data Aplikasi
Cara lainnya adalah dengan melakukan “Clear Data” dan “Clear Cache” aplikasi yang bermasalah, karena salah satu penyebab aplikasi force close adalah adanya data yang korup. Untuk melakukan Clear Data, caranya seperti di atas, masuk ke Android Settings > Application Manager, kemudian pilih aplikasi yang sesuai dan klik “Clear Data”. Saat melakukan langkah ini data-data di aplikasi akan terhapus semua, dan biasanya kalian akan disuruh untuk login ulang saat menyalakan aplikasi tersebut. Alternatif untuk Clear Data atau Cache lainnya kalian bisa menggunakan aplikasi third party seperti “Clean Master” yang akan membersihkan smartphone kalian dari data-data yang tidak penting.

3. Reinstall atau Install Ulang Aplikasi
Kalau langkah-langkah di atas tidak berhasil, maka kita bisa melakukan install ulang aplikasi tersebut. Hal ini sangat disarankan apalagi jika aplikasi kalian adalah aplikasi bajakan. Caranya, masuk Settings > Application Manager, dan klik Uninstall. Kemudian untuk menginstall nya lagi bisa melalui Play Store dan download aplikasi baru dari sana.

4. Update Aplikasi
Ada kalanya sebelum menginstall aplikasi dari Play Store, kalian harus mencermati keterangan dan status dari aplikasi yang akan kalian instal. Karena biasanya aplikasi yang masih beta atau masih baru, belum stabil dan sering tiba-tiba crash atau force close. Disarankan untuk secara rutin mengecek update untuk aplikasi-aplikasi yang bermasalah di gadget kalian. Caranya bisa masuk ke Play Store > My Apps. Namun kalian harus cermat juga saat menginstall update, karena ada juga update yang malah membuat aplikasi menjadi bermasalah. Ketika ada versi baru dari suatu aplikasi, ada baiknya kalian mengecek review atau komentar pengguna tentang update tersebut.

Selain update aplikasi, kalian juga bisa mencoba untuk update Android OS terbaru yang tersedia bagi gadget kalian. Hal ini sangat disarankan untuk kalian yang masih menggunakan Android versi GingerBread (2.3) ke bawah. Apabila ada versi terbaru, langsung update Android OS kalian. Karena kebanyakan aplikasi yang beredar sekarang bisa bekerja dengan baik di minimal Android OS 4.0 (Ice Cream Sandwich). Untuk melakukan update, bisa masuk ke Android Settings > About Phone > System Updates.
Advertisement
Advertisement